Is London the most expensive city in the world?

Changing Guard at Windsor Castle
Copyright - Devina Rachmawati

Pertanyaan yang paling banyak ditanyakan sepulang saya dari London "London mahal gak sih?". Sekedar flashback sedikit ke tahun 2008, sebuah lembaga survey independen pernah menyebutkan bahwa London berada di peringkat 1 sebagai The most expensive city in the world. Lalu pada tahun 2016, Economist Intelligence Unit (EIU) kembali mengeluarkan daftar 10 Kota Termahal di Dunia dalam laporannya yang bertajuk "Worldwide Cost of Living Survey 2016", menyebutkan bahwa London berada diurutan ke 6. Well...kata mahal sendiri itu sifatnya relative yekan...dan tulisan ini akan mengulas seberapa banyak uang yang dibutuhkan untuk pergi dan bertahan hidup di London. Mari kita ulas:

Visa
Visa yang saya ajukan pada saat itu adalah standard visitor visa yang berlaku 6 bulan. Biaya untuk visa ini sendiri seharga US$ 110. Itu hanya biaya pengajuan visa saja loh ya, yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak kedutaan Inggris (tahun 2016). Untuk kalian yang tinggal diluar Jakarta, silahkan berbahagai sedikit, karena pihak kedutaan membuka Visa Centre di Surabaya dan Bali. Dengan begitu pada saat interview dan pengambilan sidik jari biometric, tidak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta. Namun ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan jika visa kalian diajukan melalui Visa centre di Surabaya dan Bali. Biaya tersebut sebesar US$50. Oya biaya tersebut adalah biaya standard dengan waktu standard untuk sebuah visa UK yah, yaitu 1-2 bulan. Jadi perhitungkan waktunya. Mau cepet? bisa. Bayar yang express visa. Harganya? ahh sudahlah.... (tutup mata).  

Tiket Pesawat
Saya sendiri salah satu orang yang cukup beruntung, karena mendapatkan tiket pesawat PP Surabaya - London dengan harga hanya 9.500.000 nett! Tiket tersebut, saya buru pada saat diadakannya "Travel Fair" dari sebuah maskapai. Namun karena suatu alasan kesehatan dan mengetahui bahwa penerbangan tersebut memakan waktu sekitar 14 jam (Jakarta - London), tiket tersebut harus saya upgrade ke Business Class.
Tower Bridge and the cityscape of London
Copyright - Devina Rachmawati
Akomodasi
Sampai juga untuk membahas hal yang paling susah ditentukan...H O T E L! Butuh waktu berhari-hari untuk menentukan hotel tempat saya akan menginap. Kalau di Indonesia, harga 2 juta per malamnya pastinya sudah dapat hotel bintang 5 yak. Di London, untuk mendapatkan hotel dengan harga dibawah 2 juta dengan luasan kamar min. 20 m2 dan lokasi dekat dengan Underground adalah mustahil. Tipikal kamar hotel di negara-negara benua Eropa pada umumnya, luasan kamarnya kecil. Jadi pastikan kalau kita booking hotel di London cari tau berapa luasan kamarnya, kecuali bisa disiasati dengan membawa barang bawaan yang seringkas mungkin. FYI, untuk sebuah budget hotel yang terkenal karena desainnya ok, lokasi yang sangat strategis dan berada tengah kota...dijual dengan harga per malamnya 1.800K - 2.400K dengan luasan hanya 13-15 m2. Banyak hotel yang relatif lebih terjangkau harganya di London, namun lokasinya di sekitar Heathrow dan pinggiran kota lainnya. Sempat terpikir untuk menginap di Hilton Heathrow dengan tarif 80 pounds/night (sekitar 1.344.000) tanpa breakfast. Ya kebanyakan hotel di London dijual room only alias tanpa Breakfast. Namun setelah dipikir-pikir dan dihitung kembali, menginap di hotel sekitar Heathrow bukanlah hal yang tepat. Ini mempertimbangkan faktor biaya transportasi Heahtrow - London, yang jatuhnya bisa jadi lebih mahal. Pilihan jatuh pada 4 hari menginap di sebuah boutique hotel di daerah Hyde Park, La Suite West dan 3 hari menginap di Pullman St. Pancrass. Lagi-lagi cukup beruntung saya karena pada saat itu saya mendapatkan harga promo di kedua hotel tersebut, dengan tarif 141 pounds/night dan 134 pounds/night. Bagi yang hendak bepergian ke London dengan budget yang terbatas atau ala-ala Backpacker, Tarif hostel atau dorm dengan tempat tidur susun (bunk bed) mulai dari harga 35 pounds/night (tanpa breakfast) bisa dijadikan alternatif  


St. Pancras Renaissance Hotel, hotel ini bersebelahan dengan British National Library, Pullman St. Pancras dan King Cross - St. Pancras International Station.
Copyright - Devina Rachmawati

Transportasi
Ada banyak moda transportasi umum di London. Mari kita bahas satu per satu: 
  1. Tube atau yang lebih dikenal dengan kereta bawah tanah. Di Singapore dan beberapa negara lainnya kita menyebutnya dengan MRT kalau di Inggris, kita sebut dengan nama tube. London Underground Stations atau tube  ini menyebar secara menyeluruh di semua daerah di London,Tarif Underground mulai dari 2,2 - 5.9 pounds/trip
  2. Kereta Antar Kota. Dioperasikan oleh National Rail Mainline Stations, kereta ini menghubungkan dari london ke kota-kota lainnya. Selain National Rail Mainline Stations ada juga alternatif kereta cepat lainnya yaitu Virgin Trains. Namun pemberhentian Virgin Trains ini tidak sebanyak dengan National Rail Mainline Stations. Virgin Trains ini semacam kereta cepat kelas eksekutif. Jadi untuk harganya sendiri pastinya lebih mahal 2x lipat jika dibandingkan dengan National Rail Mainline Stations.  
  3. Kereta Antar Negara. Dari namanya sudah jelas yah kalau kereta ini hanya menghubungkan dari London ke negara lainnya (and return). Yang paling terkenal sih memang Eurostar tapi bukan berarti merekomendasikan loh ya, karena saya memang tidak ke negara lainnya saat berlibur ke Inggris ini. 
  4. Bis kota. Semua orang sudah pada tau dong yah dengan bis susun 2 berwarna merah menyala. Yes! Bis kota di Inggris ini sudah menjadi trademark dari negara ini. Bis kota adalah moda transportasi umum yang paling murah di Inggris, dengan harga mulai 1.5 - 2 pounds. 
  5. Hop-on Hop-off Bus. Bis 2 tingkat dengan atapnya terbuka memang didesain untuk para turis London menikmati keindahan kota London. Bis ini akan berhenti di tempat pemberhentian yang pasti ada di hampir semua tempat wisata. Pelajari rutenya dan enjoy photographing. Gak perlu takut ditinggal karena bis ini akan slalu ada tiap 15-20 menit di tempat-tempat pemberhentiannya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Harganya pastinya lebih mahal dari bis kota, mulai dari 10-15 pounds/day.
  6. Black Cab.  Di Inggris kita menyebutnya Cab bukan Taxi. Mobilnya lucuuuu tapi sayang tidak selucu tarifnya. Ini adalah moda transportasi umum Paling Mahal di Inggris. Kata Black sendiri bukan menggambarkan warna taksinya, melainkan istilah untuk kendaraan umum yang menggunakan argo dengan resmi. Untuk perjalanan yang memakan waktu sekitar 7 menit, argo sudah menunjukkan 11 pounds!
  7. Yellow Cab. Kata yellow disini merujuk pada category taksi online. U B E R! ada sedikit perbedaan antara Uber di Indonesia dan London (khususnya). Di London bentuk pembayarannya menggunakan credit card. Jadi settingan pembayarannya jangan lupa untuk diubah ke credit card. Selain itu, pemesanan untuk uber X adalah mobil-mobil dengan 4 penumpang, lebih dari itu mereka tidak akan terima (Bayi tetap dihitung 1 orang). Oleh karena itu mobil yang digunakan oleh Uber X pun mobil-mobil city car yang hanya berpenumpang 4 orang (tidak termasuk sopir). Mereka sangat ketat dalam hal ini. Untuk tarifnya sendiri hampir setengahnya dari tarif Black Cab. Terima Kasih Uber.... :) 
  8. River Boat. Kapal cepat yang beroperasi di sungai Thames ini menghubungkan antar daerah di London (khususnya yang berada di pinggiran sungai Thames). Tidak hanya diperuntukkan untuk turis, namun memang menjadi salah satu moda transportasi umum untuk warga London. Tarifnya sendiri mulai dari 12 pounds. 
Note: I prefer buy Oyster Card to London Pass. Oyster Card ini bisa dipakai untuk hampir semua moda transportasi umum (non swasta). Tube, National Rail, Bus, dan River Boat. London Pass sendiri menurut saya pribadi lebih menguntungkan jika kita memang akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang bekerja sama dengan London Pass. Harga untuk kartu perdananya sendiri adalah 5 pounds. Saya sarankan untuk pilih yang top up saja daripada yang harian.


Underground Station of St. Pancras
Copyright - Devina Rachmawati

Makanan - MinumanUntuk air mineral kemasan yang dijual dalam ukuran 500 ml, dijual mulai dari harga 0,65 pounds (natural/spring mineral water). Sedangkan untuk yang sparkling mineral water, dijual  lebih mahal sedikit mulai dari harga 0.80 pounds untuk ukuran 500 ml. How bout tea? Secara di Inggris sangat terkenal dengan tradisi minum tehnya, harga untuk segelas/secangkir teh hangat adalah mulai dari 2,5 pounds (bisa diisi ulang). 
Laper? Makanlah.... Makanan paling murah di London adalah restoran cepat saji, Mc'D salah satu contohnya! untuk paket burger yang paling murah dijual mulai dari harga 4 pounds yang terdiri dari burger, kentang goreng dan minuman. Lalu bagaimana dengan harga makanan rata-rata di restoran non cepat saji? Untuk harga makanan non cepat saji yang dijual di restoran-restoran biasa biasanya dijual dengan harga mulai dari 6,5 pounds. Namun ketika sudah sudah masuk ke restoran atau cafe yang cukup trendy, rata-rata harga makanannya dijual mulai dari 11 pounds.
Ada satu tempat makan yang bisa saya rekomendasikan karena tempat ini murah dan enak makanannya. Saya lupa tempat makannya namanya apa tapi lokasinya berada tepat di seberang Emirates Stadium, persis berada di tikungan. Go Try it! Untuk sepiring rice chicken kebab yang saya pesan harganya 6.5 pounds dan sepiring Spaghetti mushroom carbonara dijual dengan harga 7,5 pounds. Enak pake banget plus porsinya besar pulak!       
English Premier League
Penggemar klub sepakbola inggris? pengen nonton pertandingannya? yakin? saya sih gak nonton, tapi dari harga tiket yang saya lihat di Emirates Stadium, untuk pertandingan Arsenal vs MU yang main pada tanggal 7 Mei 2017 ini, harga tiketnya dibandrol mulai dari 152 pounds! Eeiitsss sapa bilang itu VIP, itu untuk kelas tempat duduk yang paling belakang. Jadi, yakin masih mau nonton pertandingannya? Good Luck :p


Emirates Stadium
Copyright - Devina Rachmawati

Oleh-oleh
Ingin beli oleh-oleh untuk keluarga atau teman? Sepanjang hasil perburuan saya mencari oleh-oleh dibeberapa tempat, suvenir yang paling murah adalah gantungan kunci dengan harga mulai dari 1,6 pounds (10 pounds for 6). Tempelan magnet kulkas mulai dari harga 2 pounds. Kaos-kaos lengan pendek dengan tulisan "London" dijual dengan harga mulai dari 7 pounds.  

Jadi kesimpulannya... Is London the most expensive city in the world? Jawaban saya adalah IYA! Setidaknya itulah pendapat saya sebagai turis yang pas-pasan uangnya. Untuk kota-kota yang pernah saya singgahi di Inggris Raya dan yang pernah saya kunjungi di seluruh belahan dunia lainnya, London adalah yang paling mahal. Secara nilai tukar mata uangnya pun tertinggi terhadap rupiah, pada saat itu 1 poundsterling = Rp. 16.800. 
Belum pernah ke Rusia dan kota-kota lainnya di daerah Skandinavia, namun beberapa teman yang sudah pernah kesana, menyebutkan bahwa biaya hidup di London baru bisa dikalahkan oleh kota-kota disana. Semoga diparingi rezeki dan sehat untuk bisa menjelajahi Skandinavia dan Rusia..... Aminnn (*teriak yang keras).   

  












Comments

Post a Comment

Popular Posts